Monday 7 July 2008

Arsitektur Database Oracle ( 1.1 Instance dan database)

Sebelum melakukan kegiatan optimasi atau tunig database, mengenal dan memahami arsitektur oracle sangat diperlukan. Sebab kegiatan tuning tidak lain upaya untuk melakukan setting pada kompoen-komponen tertentu ayng menyusun arsitektur database sehingga didapatkan performance yang lebih optimal.

1.1 Instance dan Database
Oracle tersusun atas dua komponen utama, yaitu instance dan database. Kedua kompnen ini sangat berbeda, tetapi saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. Database merupakan kumpulan informasi yang disimpan dalam sebuah physical storage, sedang instance adalh kumpulan dari oracle process dan alokasi memori yang ada di oracle disebut sebagai system Global Area (SGA) yang digunakan unuk mengakses informasi-informasi yang tersimpan pada database.

Konfigurasi instance dan database ini dibedakan menjadi dua cara. Yang pertama, satu instance mengakses satu database, dan yang kedua, beberapa instance yang berjalan pada server yang berbeda mengakses satu databse yang sama. Pada konfigurasi yang kedua ini, oracle menyebutnya sebagai Oracle Parallel Server. Sampai pada versi terakhir, Oracle Parallel Server berganti nama menjadi Oracle Real Application Cluster, tentunya disertai dengan beberapa feature dan teknologi terbaru.

User tidak dapat mengakses secara langsung informasi yang tersimpan pada database tanpa melalui instance instance sedang drop, semua informasi yang ada pada database tidak dapat diakses melalui level operating system.

No comments: